Wednesday, June 17, 2015

alam surgawi di kebun raya cibodas

Indonesia beruntung dianugerahi alam hijau permai. Salah satu tempat yang mewakilinya adalah Kebun Raya Cibodas di Bogor, Jawa Barat. Berlokasi di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Cianjur, tempat ini tidak hanya berfungsi sebagai konservasi tumbuhan tetapi juga menjadi tujuan wisata.

Kebun Raya Cibodas menyimpan koleksi tumbuhan dataran tinggi basah tropika, seperti pohon tusam, tumbuhan runjung, dan tumbuhan paku pegunungan. Tempat ini secara langsung berfungsi sebagai tempat pendidikan dan penelitian.

Kebun Raya Cibodas didirikan tahun 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann. Saat ini memiliki luas sekitar 125 hektar dengan topografi bergelombang dan berbukit-bukit di ketinggian 1.275 meter di atas permukaan laut dengan suhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Kondisi tersebut membuatnya berudara sejuk dan ideal menjadi rumah bagi tumbuhan dataran tinggi basah.

Kebun-Raya-Cibodas.png


Sebuah prestasi bagi kebun ini adalah ketika tahun 1977 UNESCO menetapkan Kebun Raya Cibodas sebagai satu dari enam cagar biosfer yang ada di Indonesia selain Tanjung Putting, Lore Lindu, Siberut, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Komodo.

Kebun Raya Cibodas merupakan laboratorium alam dengan ilmu yang tiada habisnya.

Sampai saat ini Kebun Raya Cibodas dihuni lebih dari 320 jenis anggrek, 289 jenis kaktus, 22 jenis koleksi tanaman sukulen, dan 103 jenis tanaman paku-pakuan, semuanya meliputi 1.162 jenis koleksi kebun.

anggrek-bulan.jpg
"Apabila surga itu ada di muka Bumi maka Cibodas pastinya adalah bagian darinya." - Dr. F.W.Went (Fisiologi Tumbuhan asal Jerman)


Di sini Anda juga akan menemui tanaman Rhododendron Garden, Sakura Garden, Taxus Garden, dan koleksi tanaman eksotik lainnya. Tanaman yang ada sekitarnya meliputi 114 jenis di antaranya berasal dari Jawa Barat dan merupakan tanaman langka yang tidak bisa Anda temui di tempat lain.

Setiap tahunnya Kebun Raya Cibodas dikunjungi sekitar satu juta orang, mereka adalah wisatawan domestik dari Jakarta, Bandung, Bogor dan sekitarnya, serta wisatawan mancanegara. Keberadaan Kebun Raya Cibodas sebagai objek wisata telah menjadi tempat mendulang rupiah bagi para penjual bunga dan tanaman hias, perajin cenderamata, pengusaha makanan dan minuman, pengusaha penginapan dan hotel, serta biro perjalanan wisata.



Kebun Raya Cibodas, terletak di Kompleks Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Cipanas, Cianjur. Topografi lapangannya bergelombang dan berbukit-bukit dengan ketinggian 1.275 m dpl, bersuhu udara 17 - 27 derajat Celcius. Wikipedia

Alamat: Jl. Kebun Raya Cibodas, Cipanas, Sindanglaya, Cianjur, Jawa Barat 43253, Indonesia

Provinsi: Jawa Barat

Fasilitas:
Rumah Paku-pakuan, Rumah Kaca, Pembibitan Anggrek, Sukulen, Kaktus, Air Terjun, Jalan Air, Tanam Tematik, Taman Lumut, Koleksi Tanaman Obat, Wisma Tamu, Kupel, Kafetaria, Mesjid, Penjualan Tanaman, Kuda Tunggang.

Sumber : http://www.indonesia.travel

No comments:

Post a Comment

semoga bermanfaat